A Brand New Dream

12:03 AM

Jalan hidup orang itu nggak bisa ditebak.

Hidup dari SD punya nilai lumayan bagus dan selama 6 tahun selalu 10 besar di kelas. Dapet SMP Favorit yang diimpiin dari jaman SD buat dimasukin walau kudu mengalami yang namanya "Nama nggak kepampang di papan kelulusan tes masuk" padahal ngerasa ngerjain soalnya bener. Pindah sekolah, masuk ke kelas paling bobrok, jadi ranking 1 di kelas berhubung ada di kelas paling bawah dan sering di bully sama anak kelas karena pinter sendiri. Masuk SMA, masuk kelas IPA, kepengen masuk Informatika tapi malah nyasar di Akuntansi. Kuliah sering nangis karena nggak ngerti-ngerti Akuntansi dan ngerasa salah jurusan sampe pengen pindah jurusan. Kerja di tempat yang gajinya kecil, ijazah ditahan, mau cuti aja susah. Pindah ke KAP, hampir menyerah karena nggak kuat walaupun akhirnya tetap memilih bertahan. Tahun pertama nggak naik promosi karena nilai pas-pasan, memilih buat improve diri sendiri. Tahun kedua, ngerasa udah memperbaiki kualitas kerja tapi penilaiannya nggak sesuai harapan.

Oktober 2015, kayaknya hidup gw berubah. Dari yang kemaren selow abis "Masih ada hari esok" dan "Belum pengen resign", kemudian mendadak pengen keluar karena lelah hasil penilaian nggak sesuai ekspektasi. Gw sedih, depresi, saking depresinya gila-gilaan masukin lamaran kemana-mana. Pergi ke setiap panggilan kayak orang gila. Yang sayangnya belum ada satupun yang menerima.

Di tengah-tengah masa kegalauan gw, ada yang ngajak bikin usaha. Ada ide jualan tercipta hanya karena jalan ke Thamrin City sepulang dari interview. Dari yang kemaren depresi gila mikirin masa depan yang passionnya nggak jelas kemana, nggak jelas minatnya apa, mendadak ada secercah cahaya datang, memberikan inspirasi masa depan, apa yang harus gw lakukan.

Sejujurnya, sejak gw ngerasa salah jurusan dan nggak jadi masuk Informatika, gw beneran nggak tau passion gw ke arah mana. Apa yang jadi prospek gw di masa depan, gw mau jadi apa, sejujurnya gw nggak tau. Yang gw tau tuh cuma, lulus kuliah, kerja kantoran, trus ngehasilin duit yang banyak buat liburan ke Jepang. Jadi semacam ketika interview dan ditanya "Gimana prospekmu 5 tahun ke depan?", sejujurnya gw ngambang. Ketika temen gw akan menjawab "Saya akan jadi supervisor" atau "Saya akan jadi manager", gw akan menjawab hal yang sama namun dengan bayangan samar. Ketika temen kantor gw keluar dari KAP kepengen jadi supervisor, entah kenapa pikiran itu agak ngambang. Sejujurnya gw belum siap. Atau ketika temen gw ngerasa passionnya jadi auditor, sejujurnya gw nggak tau passion gw apaan. Komputer sih, tapi mengingat itu impian lama gw, yasudahlah.

Jaman kuliah atau kerja, ketika gw ditanya temen atau orang tua "Kamu nggak kepengen jualan?" jawaban gw simpel, "Ngga deh, gw nggak jago jualan. Lagian nggak tau mau jual apaan."

Dalam bayangan gw, gw nggak bakat jualan baju. Baju itu musti ngikutin apa yang lagi ngetren. Dan gw nggak tau kalau beli baju-baju begituan dimana, sementara kalau jualan jadi reseller pasti jatuhnya harganya yang kita jual bisa lebih mahal, Gw pengen jual dengan harga semurah mungkin, sesuai sama harga pasaran, kalau perlu lebih murah.

Berawal dari seorang temen minta bantu modal buat jualan kerudung ke Padang, yang bikin gw melek sama model-model kerudung yang lagi laris dan belum ada di daerah. Kemudian ngeliat pelindung kabel, temen gw pengen punya, gw beli pelindung kabel warna random trus nggak suka warnanya kemudian gw jualin ke temen kantor yang akhirnya bikin gw jualan pelindung kabel sama penjepit kabel, bikin gw mulai tertarik sama dunia dagang. Dibanding pelindung kabel yang sifatnya musiman, gw kepengen jualan sesuatu yang sifatnya walaupun ada model baru bisa gw ikutin karena gw juga pake, akhirnya terpintaslah sebuat ide. Ngeliat kerudung model katun ima yang lagi ngehits, ngeliat motifnya yang lucu-lucu bikin gw punya ide. Gw mau jualan ini, mengingat kayaknya buat orang kebanyakan banyak yang belum aware.

Mendadak gw bisa ngeliat pangsa pasar. Mulai dari yang kecil-kecil dulu deh ya, gw punya banyak temen yang pakai kerudung. Nggak cuma temen kantor, tapi juga temen fandom sama temen kuliah. Gw bisa pakai internet, bisa mainan photoshop, gw bisa memulai semuanya dari yang namanya dagang online.

Dan entah kenapa, ide itu dateng nggak cuma sekedar ide pengen jualan. Gw juga pengen bisa produksi sendiri, ngasih label brand di produksi gw. Dan dalam bayangan gw, gw pengen beberapa tahun mendatang, gw bisa ngebangun konveksi sendiri, hire penjahit sendiri dan sebagainya. Dan nggak cuma kerudung, gw juga pengen produksi yang lain. Entah itu celana bahan, kaos, tas dan lain sebagainya.

Gw nggak mau usaha sendirian entah kenapa. Walaupun artinya untung kita bakalan dibagi-bagi, tapi gw kepengen ngerekrut dua temen gw buat ngembangin usaha kita bersama. Sama-sama berbagi ide, sama-sama berbagi aspirasi. Berusaha sukses bareng-bareng dari yang kemaren duitnya pas-pasan dari kerjaan, kemudian bisa ada duit tambahan, kalau perlu lebih besar hasil usaha kita bersama.

Modal awal gw nggak gede. Cuma hasil uang yang gw sisihin dari gaji. Lumayan lah buat memulai usaha kecil-kecilan. Dan entah kenapa, dibanding excited pengen kerjaan baru yang gajinya lebih gede, sekarang pandangan gw terus dan terus ke arah wirausaha. Katanya kan, lebih bagus begini. Bukannya mencari pekerjaan, tapi membuka lapangan pekerjaan, Sedini mungkin, semuda mungkin. Bahkan orang tua gw pun kepengen anaknya mulai usaha sendiri dari sekarang.

Well, dari galau passionnya apa, cita-citanya apa, gw akhirnya menemukan cita-cita baru. Yang tentunya cita-cita ini insya allah bakalan terus berjalan selama ada teman-teman gw yang selalu semangat "Fit, ayo kita usaha ini!"



Yeah. I know what is my dream right now.


I want to be an entrepreneur.

You Might Also Like

0 comments