Sejarah fanfic Buatan gw~

9:06 PM

Err....
tiba - tiba gw pngen bercerita tentang sejarah fanfic - fanfic buatan gw niih~
Kalo gw telusuri nih, kata orang - orang, mereka bilang mereka ngga bisa buat comedy. Nyari feel lucunya. Tapi menurut gw malah sebaliknya. Buat gue, bikin komedi malah lebih gampang daripada bikin serius.

Menurut gue pribadi, bikin komedi itu, kita lebih bisa bebas berekspresi, tanpa harus memikirkan ketepatan kata dan pemilihan kata. Karena dalam komedi, semakin hancur ceritanya dan semakin gila ceritanya, akan semakin kocaklah cerinya. Begitu menurut gw. Biar dapet feel komedinya, emang harus menggunakan kata - kata yang gila, ancur. Makanya gue fanfic komedi itu ngga pernah mau di translete ke english, dengan alasan kalau di translet ke english, yang ada malah ngga lucu lagi. Alna saya biasanya pake joke - joke khas orang indonesia.

Kalau serius, bukannya saya ngga bisa. Gw pribadi juga uda beberapa kali kok bikin fanfic serius. Alna di kala gw bosen buat fanfic komedi, pasti gw larinya ke fanfic serius. Kalau di serius enaknya, kita dilatih buat merangkai kata. Nah, gw ngerasa disitulah tempat gw berlatih menulis. Gw blakangan ini suka bikin yang serius, soalnya itu bantu gw pelan - pelan ngelatih gaya berbahasa gw. Kenapa gw berlatih di sana? Gw bukan tipe orang yang suka baca novel, mengingat bacaan gw itu komik and fanfic semua. Tapi liat bahasa orang ketika baca fanfic orang, pelan - pelan gw mulai mengembangkan kemampuan berbahasa. Yah, tidak harus kan seseorang suka baca novel untuk buat fanfic yang bagus?

Alasan kenapa sejak dulu gw ngga suka baca novel : gw ngga suka sesuatu yang banyak tulisan.

Baru aja gw buka novel, gw ngga menemukan sesuatu cerita yang menarik. Gw tanya temen gw, bener aja. Novel itu rata - rata berbau romance and alurnya gampang ditebak. Nah gara - gara gw adalah orang yang suka baca komik dengan berbagai alur cerita yang unik, gw selalu berusaha buat cerita yang menarik, ngga seperti cerita novel - novel pada umumnya. Misalnya, yang angst buatan gw, gw emang bikin romance, tapi ujung - ujungnya ada aja yang gw buat mati~ *pyscho!* Yah intinya, jangan buat alur yang terlalu biasa, coz itu akan buat kamu cepat bosan dan berakhir dengan malas untuk menamati cerita tersebut. Buatlah cerita dengan alur yang khas dan unik.

Dulu gw ngga pernah bisa bikin fanfic. Kenapa? Itu semua gara - gara gw ngga pernah bisa mikirin endingnya. Fanfic Hey! Say! JUMP pertama gue, Kehebohan h1n1, yang gw buat pas jaman Ryo Nishikido dan Yamashita Tomoshisa kena flu babi sampai hari ini ngga pernah tertamatkan. Bisa aja sih sebetulnya. Tapi gwnya uda males, uda basi alna.

Comedy Skit Series juga salah satu contoh nyata cerita gw yang sejak dulu sampai sekarang belum tamat. Alasannya, itu cerita lepas. Cerita lepas yang dirangkai dalam 1 judul, bernama Comedy Skit Series. Yah, gw ngga tau kapan mau ditamatin. Mungkin kalau gw uda merasa malas langsung gw tamatin.

Gw pernah dikasi saran seseorang. Dan gw 'agak' mengamalkan ilmu tersebut. Jadi intinya dalam mengarang sebuah cerita yang harus dipikirin antara lain:
1. Tema. Apa tema cerita yang akan kamu buat.
2. Isi cerita. Cerita apa saja yang akan kamu buat.
3. Awal, pertengahan dan ending. Itu harus dipikirin. Kamu harus mikirin awalnya bagaimana, pas pertengahan kejadian - kejadian sampai konflik itu terjadi bagaimana. And the last pikirkan endingnya. Kalau ketiga - tiganya belum mantab, lebih baik jangan dulu membuat. Itu hanya akan membuatmu memotong cerita di tengah jalan.
4. Pikirkan sebuah cerita yang unik. Jangan membuat cerita yang terlalu biasa dan terlalu umum. Hanya akan membuat yang membaca cerita tersebut gampang bosan. Alasan kenapa manga itu menarik untuk dibaca: karena kisahnya yang unik. Maka, buatlah kisah seperti cerita - cerita di manga, namun menggunakan gaya bahasa ala novel.
5. Untuk yang buat multi chapter, ketika cerita bersambung, buat sang pembaca penasaran! Semakin penasaran akan semakin menyenangkan!! XDD


Nah, sekian tadi penjelasan cara membuat fanfic yang bagus dari saya. sekarang saya mau cerita tentang fanfic - fanfic buatan saya. Seorang Fietha mengawali membuat fanfic HSJnya dengan sebuah kisah komedi berjudul Kehebohan H1N1. Fanfic ini berkisah tentang Hikaru yang diduga terkena flu babi setelah senpai yang bermain bersamanya di Orthros no Inu, terkena Flu Babi. Namun seperti yang gw bilang sebelumnya, cerita ini ngga pernah ditamatkan.

Fanfic kedua yang gw buat adalah, lagi - lagi komedi, adalah Comedy Skit Series. Komedi skit series mengambil kisah ala AiQ Skitnya Massu dan Shoon di Ya-ya-yah dulu. Sampai saat ini baru sampai Part 5. Dimana Part 1 adalah Yabunoo, Part 2 adalah Hikanoo, Part 3 adalah Yabuhika, part 4 adalah Takahika dan Part 5 adalah Inoodai. Walaupun gue pake pairing, tapi cerita itu 100% bukan yaoi.

Fanfic ketiga, fanfic pertama gw yang bukan komedi. Walaupun unsur komedi masih ada di dalamnya. Yaitu Hikaru-kun no Besuto Purezento. Fanfic bergenre Friendship ini special gw buat buat ulang tahunnya Hikaru, yang gw buat dan gw post sebulan sebelum ulang tahun Hikaru yang ke 18. Gara - gara gw lagi demam Ya-Ya-yah kala itu, maka di fanfic ini spesial gw buat Hikaru ngerayain ulang tahunnya spesial dengan Ya-Ya-yah. Yah, sekalian bernostalgia.

Keempat, lagi - lagi menapaki kisah Friendship serius tanpa unsur komedi, Believe in Miracle. Idenya ngedadak gw dapet suatu hari. Kisahnya tentang Inoo yang tiba - tiba harus lumpuh di tangannya karena kecelakaan mobil yang dikendarainya bersama Hikaru. Inoo putus asa dan Hikaru merasa bersalah. Mungkin itu pertama kalinya gw mengorbankan Inoo! XDD Dan selalu, gw berusaha memasukkan sebuah makna moral dari fanfic gw. 'jangan pernah menyerah'.

Dan karena Believe in Miracle sukses dan ada beberapa orang yang minta sekuelnya, akhirnya gw buatin sekuelnya, yang berjudul Believe in Myself. Kisahnya lebih ke sudut pandangnya Inoo sebagai yang menderita, dan hari - hari terapinya yang membuatnya putus asa. Walaupun begitu, makna moral 'harus percaya pada diri sendiri' gw masukin ke fanfic ini. Seperti judulnya.

Setelah 2x kali berpetualang di dunia fanfic serius, gw kembali ke fanfic comedy dengan membuat Welcome to Bali. Yah, idenya, gw pengen mereka datang ke tanah gw tinggal sekarang. Tapi tentunya fanfic ini ngga gue buat mereka menjalani liburan mereka di Bali dengan bahagia sentosa, tapi harus terlebih dulu menjalani penderitaan! Hahahaha!

Setelah Welcome to Bali, gw coba - coba buat romance gw yang super duper gagal, Afraid Losing You. Fanfic bergenre romance ini berkisah tentang benci yang jadi cinta. Yah, Inoo yang jadi tokoh utamanya. Lagi. Cuma sayangnya, gw bikin alurnya terlalu cepat dan kurang memperdetail bagaimana si Inoo bisa suka ama nih tokoh OC. Tapi, walaupun gw bilang gagal, nyatanya kata orang sih bagus. Ya syukur deh.

Selanjutnya yang gw buat, ada beberapa fanfic kilat yang berhasil gw selesaikan selama liburan semester. Banyak deh~ Yabu Dokkiri. Kisah ini penuh perjuangan loh! Chapter 1 yang asli menghilang tiba - tiba dari flashdisk gw kala gw sedang inetan di perpus kampus. Alhasil antara ogah dan malas gw terpaksa buat ulang chapter 1nya, walaupun akhirnya jadi juga sampai tamat. Yabu Dokkiri, seperti judulnya, Yabu dikerjain dari 2 hari sebelum ulang tahunnya.

Diseling Yabu Dokkiri, gw mutusin buat sebuah oneshot angst pertama gw. Perfect. Dan maaf, lagi - lagi Inoo. Dalam perfect, gw ngeliat sosok Inoo yang terlihat begitu sempurna dengan semua yang dia punya. Tapi dia membenci kesempurnaannya itu dan suatu hari bertemu dengan perempuan cantik, tapi lumpuh dan cacat serta penyakitan. Intinya, tidak sempurna. Namun seperti biasa gw masukin nilai moral disini, 'sesuatu yang kita punya harus disyukuri'. Dan gw menggunakan lagunya D'masiv. Pas sesuai tema bukan?

Fanfic selanjutnya yang gw buat, Soul Exchange. Genre comedy. Berkisah tentang Inoo dan adiknya, Aki yang suatu hari tertukar jiwanya. Sekilas, kisahnya memang mirip dengan Papa to Musume. Tapi sumpah, gw belum nonton Papa to Musume! Serius! Kebetulan aja! Tapi temen gw katanya suka banged inih fanfic. Syukurlah.

Di kala ide yang mulai mampet, suatu hari gw ajaklah sahabat gw, Shrek aka Yani, buat bikin fic berdua. Dan jadilah sebuah romance angst, Bloody Valentine. Seperti judulnya, gw buat itu untuk Valentine. Kisahnya tentang Yabu yang suatu hari bertemu dengan seorang pengamen. Dan suatu hari di hari valentine, saat Yabu mengajak perempuan ini ke restoran, sebuah tragedi berdarah terjadi.

sampai situlah karya - karya gw yang gw buat pas liburan. Pas masuk tentunya gw masih produktif. Dimana lagi - lagi gw membuat sebuah oneshot fanfic, bergenre angst, Under the Rain. Under the Rain merupakan fic gw yang sampai saat ini merupakan yang paling sadis. Berkisah tentang 3 sahabat sejak kecil, yang suatu hari harus dipisahkan oleh kematian yang sangat mengenaskan.

Selanjutnya, gw pun membuat fic dengan genre campuran, antara comedy, angst, romance jadi satu, Papa to Musuko. Papa to Musuko sampai saat ini belum tamat. berkisah tentang Inoo yang suatu hari harus menemukan fakta bahwa ia sudah mempunyai seorang anak lelaki dari mantan kekasihnya. Mantan kekasihnya itu akhirnya meninggal karena sakit dan ia harus merawat anaknya tersebut.

Di kala gw nulis itu, gw buat Oneshot genre bikin bingung -yang akhirnya gw jadiin genrenya general, Bring You Back to Your World. Fanfic ini adalah fanfic pertama gw yang bener-bener tanpa sedikit pun memasukkan unsur Yanooka didalamnya. Berkisah tentang Daiki yang suatu hari bertemu dengan hantu gila, yang mau tidak mau Daiki harus berusaha agar hantu ini tenang dan kembali ke alamnya. Kalau liat awalnya, pasti dikira horror! wakakakka~

dan akhirnya, gw bikin oneshot comedy beberapa waktu lalu, Chiinderella bukan Cinderella. Fanfic ini merupakan remake dari fic gw terdahulu. Berkisah tentang Chii yang tinggal bersama ibu tirinya dan 2 kakak tirinya. Tak seperti cerita cinderella yang lain, cinderella ini begitu ajaib dan aneh! wakakakak!

and baru saja, beberapa waktu lalu, gw membuat fic baru, Johnny's Hime Competition. Seperti judulnya, fic ini berkisah tentang pemilihan Johhny's Hime yang berhadiah besar, liburan ke Hawaii dan Bali selama 2 minggu. Ini juga fic pertama gw yang menyertakan banyak sekali grup JE lain di dalamnya!

hmmm.. gw rasa itu udah semua fic yang gw buat. Diantara semua fanfic itu, tidak ada satupun gw punya fic yaoi. Alasannya, gw ngga suka yaoi. Buat gw, Yaoi hanya bikin gw merinding bulu kuduk berdiri and ngga enak bayanginnya. Gw jauh lebih baik baca smut (yang normal tentunya, cewe ama cowo) daripada baca Yaoi. Mungkin orang aneh kalo denger gw ini ngga suka yaoi, i'm not a fujoshi. apalagi kesukaan gw ama OTP favorit orang - orang, inooyabuhika. Tapi buat gw, haruskah seorang fans boyband menyukai yaoi? buat gw ngga kok~ kenapa juga harus? Gw emang udah ngga suka yaoi sejak kecil. Mungkin kalo animanga masih kuatlah gw dikit2, tapi kalau artis, walaupun cuma fanfic, tulisan buatan orang, gw ngga enak sendiri. Gw nanti bayangin yang aneh2 tiap liat mereka. Mending ngga usah deh. Saya rela kok di fanfic mereka ama cewe2. Why not? secara gw uda berkomitmen, gw rela kok mereka pacaran. Itu hak mereka sebagai seorang lelaki. Cuma, harapan saya, jangan deh ama yang lebih tua~

Nah bagi yang mau baca fanfic - fanfic saya diatas, silakan kesini:
http://inooyabuhika.blogspot.com/
itu adalah blog khusus fanfic buatan saya~

atau kesini~
http://z4.invisionfree.com/lets_jump/
forum HSJ tempat gw biasanya post - post fanfic buatan gw! *tentunya harus punya ID dulu!*

hehehhe~
sekian aja deh ya~ mata ne~ XDD

You Might Also Like

2 comments